+ BAHASA INDONESIA

+ BAHASA INDONESIA

Bupati Kukar: “Rawat Nilai-nilai Pancasila di Era Globalisasi”

upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Bupati Kukar (istimewa)

SISIKOTA.COM – Bertempatan momen Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024, Bupati Kukar Edi Damansyah dalam mengajak seluruh masyarakat mengingat nilai-nilai pancasila yang harus terus dirawat di tengah tajamnya teknologi.

Hal tersebut disampaikan Edi saat memimpin apel Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024) di Halaman Kantor Bupati Kukar. Edi pada kesempatan itu berkesempatan menyampaikan pesan khusus dari Kepala Pembinaan Ideologi Pancasila Jakarta.

Kata Edi, hendaknya generasi Kukar dapat menempatkan ideologi pancasila sebagai pondasi membangun bangsa, agar tidak terjadi disorientasi di era krisis global saat ini.

Ia juga menyampaikan, tantangan yang paling terasa adalah krisis global yang terjadi di segala aspek, namun dengan gagahnya Indonesia dapat menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik secara berdampingan.

“Agar tidak menjadi disorientasi di masa depan, dalam dunia digital raga media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana dan mampu mengaktualisasikan nilai-nilai tersebut dalam berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

Edi mengajak masyarakat Kukar untuk membumikan nilai-nilai pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, mengingat pancasila sebagai bintang penuntun di era globalisasi dan teknologi.

Disebutkannya, nilai-nilai pancasila telah mampu menyatukan ragam masyarakat Indonesia dalam ras, budaya dan bahasa untuk menyongsong Indonesia emas maju dan berdaulat.

Ada beberapa nilai-nilai yang bisa diterapkan untuk menyatukan masyarakat, meliputi nilai-nilai luhur yang yang telah memperjungkan bangsa Indonesia, nilai-nilai inklusivitas dalam menghadapi perbedaan, toleransi dalam beragama serta mempertahankan identitas masyarakat indonesia akan gotong royong.

“Pancasila sebagai ideolaogi yang bekerja dirasakan manfaatnya sebagai tumpah darah Indonesia. Kita perlu keteladanan etika dan integritas,” tuturnya.

Terakhir, Edi ingin masyarakat Kukar untuk bahu membahu, menjaga kerukunan umat sesuai dengan sila-sila pancasila, agar mampu menjaga Indonesia adil dan makmur.

“Jaga kerukunan nilai-nilai Pancasila, bangun semangat untuk Indonesia maju adil dan makmur di kancah dunia,” tutupnya. (*sk-4/adv)

PILIH BAHASA

+ BAHASA INDONESIA

CARI

PERISTIWA TERKINI

+ BAHASA INDONESIA

TONTON

PERISTIWA TERKINI