+ BAHASA INDONESIA

+ BAHASA INDONESIA

Disdikbud Kukar Gelar Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Melalui MGMP Tingkat SMP Mata Pelajaran IPA

kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru melalui MGMP IPA di Tenggarong (sisikota)

SISIKOTA.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan peningkatan kompetensi guru melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat SMP untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Acara pelatihan ini berlangsung selama 3 hari, yakni Selasa 28-30 Mei 2024 di Hotel Grand Fatma Tenggarong dan diikuti oleh 153 guru IPA dari berbagai SMP di wilayah Kukar.

Kepala Bidang Kurikulum, Pengembangan Bahasa dan Sastra, Perizinan Pendidikan, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Kukar Joko Sampurno dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya kegiatan peningkatan kompetensi guru melalui MGMP untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah.

“Dampak positifnya kegiatan ini, agar guru dapat mengakses sumber belajar yang beragam. Jadi karena sumber belajar pada waktu sekolah dulu dengan sekarang itu berbeda, kalau dulu itu banyak manual papan tulisnya dan sekarang sudah digital,” ujarnya.

Kegiatan pelatihan ini mencakup berbagai sesi pelatihan dan workshop yang difokuskan pada pengembangan keterampilan mengajar, penggunaan media pembelajaran yang inovatif, serta pemahaman mendalam terhadap materi pelajaran IPA.

Para peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktik langsung dan diskusi kelompok untuk memperkuat pemahaman mereka.

Selain itu, Joko menambahkan bahwa kegiatan pelatihan tersebut merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kutai Kartanegara.

“Kami akan terus mendukung kegiatan seperti ini dan berkomitmen untuk menyediakan fasilitas dan sumber daya yang dibutuhkan. Tujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal bagi siswa dan mempersiapkan mereka dengan baik di masa depan,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan peningkatan kompetensi guru melalui MGMP ini, diharapkan para guru IPA tingkat SMP di Kukar dapat terus meningkatkan kualitas pengajaran mereka, sehingga dapat memberikan pendidikan yang lebih baik dan bermutu bagi siswa.

Disdikbud Kukar juga berencana akan mengadakan kegiatan serupa untuk mata pelajaran lainnya, guna memastikan seluruh guru memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan meningkatkan kompetensinya. (*sk-3/adv)

PILIH BAHASA

+ BAHASA INDONESIA

CARI

PERISTIWA TERKINI

+ BAHASA INDONESIA

TONTON

PERISTIWA TERKINI