+ BAHASA INDONESIA

+ BAHASA INDONESIA

Masjid Perlu Dikelola Secara Profesional, Pemkab Kukar Siap Bantu

(sisikota.com)

SISIKOTA.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara, Sunggono mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar siap membantu masjid-masjid di seluruh wilayahnya dalam mengaplikasikan pola pengelolaan masjid yang lebih profesional.

Hal tersebut ia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja di masjid Al Maghfiroh Desa Anggana belum lama ini.

Menurutnya, Pemkab Kukar memiliki komitmen untuk memberikan bantuan dengan target agar rumah ibadah berstatus hukum jelas. Target itu berangkat dari pemahaman bahwa masjid bukan hanya berfungsi sebagai wadah untuk beribadah, melainkan juga menjadi tempat bertemunya para ulama dan umara.

Bahkan lebih dari itu, ia menjelaskan, masjid juga menjadi wadah pertemuan sesama umat dengan berbagai status sosial. Oleh karena itu, profesionalisme pengelolaan masjid perlu dilaksanakan dengan baik. Mulai dari penyediaan air bersih, imam, muazin, penceramah, termasuk legalitas masjid harus diperhatikan.

“Masjid perlu dikelola dengan baik dan profesional, Pemerintah Kukar mendorong hal ini. Untuk itu Pemkab Kukar membantu dalam penerbitan Akta Yayasan Rumah Ibadah,” terangnya.

Bentuk profesionalitas yang dimaksud oleh Sekda Kukar tersebut bukan hanya menyangkut fungsi umum seperti penyediaan sarana dan prasarana melainkan juga menyangkut fungsi khusus seperti fungsi manajerial dan mu’amalah atau pelayanan kepada umat.

Pemkab Kukar memang terus mengupayakan agar rumah-rumah ibadah di wilayahnya secara bertahap memiliki legalitas yang lebih jelas, salah satunya dengan mendorong statusnya berada dibawah perlindungan badan hukum berupa yayasan rumah ibadah.

Sunggono berharap, semua pihak dapat bekerjasama dan saling membantu untuk memakmurkan masjid, serta berupaya membangun warga masyarakat di lingkungan sekitar dengan peradaban masjid. (*sk-3/adv)

PILIH BAHASA

+ BAHASA INDONESIA

CARI

PERISTIWA TERKINI

+ BAHASA INDONESIA

TONTON

PERISTIWA TERKINI