+ BAHASA INDONESIA

+ BAHASA INDONESIA

Menjawab Tantangan Geografis, Kaltim Mesti Perkuat Jaringan Kemitraan Digital Dengan Komunitas

Workshop Transformasi Digital Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik di Aula Bappeda Kutai Kartanegara (foto: sisikota.com)

SISIKOTA.COM: Kondisi dan posisi geografis Kalimantan Timur yang demikian luas serta terpisah laut, sungai dan hutan harus dijawab dengan upaya dan strategi yang efektif agar tidak makin lebar disparitas informasi terhadap publik.

 

Dalam rangka menjawab tantangan inilah Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kaltim bersama Dinas Kominfo Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Workshop Transformasi Digital Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik se-Kalimantan Timur. Workshop ini memilih tema Sosialisasi Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan Bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) se-Kaltim.

 

Dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kaltim, H.M. Faisal, S.Sos, M.Si, secara terbuka mendorong seluruh komunitas informasi publik untuk turut serta aktif membangun kemitraan dengan pemerintah guna mempercepat proses digitalisasi terhadap informasi publik tersebut.

 

‚ÄúSudah saatnya kita harus fokus pada digitalisasi. Dengan penyebaran masyarakat yang luas secara geografis, digital lah yang membantu kita untuk memperluas jangkauan komunikasi publik kita” Ucap Faisal dihadapan Bupati Kutai Kartanegara yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Administrasi Umum, Ir. Ahyani Fadianur, Kepala Dinas Kominfo Kukar, Dafip Haryanto, sejumlah perwakilan dinas dan puluhan peserta workshop dari berbagai daerah di Kaltim.

 

Lebih lanjut Faisal juga menyampaikan bahwa sejak beberapa waktu lalu telah tersedia platform digital kemitraan KIM.id, yaitu sebuah website khusus bagi komunitas informasi masyarakat di bawah koordinasi Kementerian Kominfo. Transformasi digital melalui web ini harusnya didukung pula dengan penguatan media sosial, demikian menurut Faisal.

 

“Perkuatan pemanfaatan web ini tetap harus dibarengi dengan diseminasi informasi melalui media sosial sehingga semua informasi dapat terintegrasi. (Dengan itu) bersama-sama kita ciptakan masa depan cerah dan informatif untuk Kaltim” lanjutnya.

 

Kegiatan workshop ini digelar di Aula Gedung Bappeda Kutai Kartanegara selama 2 hari (10-11 Oktober 2023) dengan menghadirkan sejumlah narasumber profesional yang berkompeten di bidang komunikasi dan informatika antara lain Ketua Tim Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI, Helmi Hafid, Tenaga Ahli Profesional Bidang Bisnis dan Analisis Informasi dan Teknologi Kementerian Kominfo RI, Mochamad Wendy, MCA, Ahli Media dan Budaya Digital, Dr. Rulli Nasrullah, M.Si serta Konsultan Independen untuk Komunikasi Digital, Mohammad Kholis.***(Tim Redaksi)

 

 

PILIH BAHASA

+ BAHASA INDONESIA

CARI

PERISTIWA TERKINI

+ BAHASA INDONESIA

TONTON

PERISTIWA TERKINI