+ BAHASA INDONESIA

+ BAHASA INDONESIA

Perkuat SDM Seniman Daerah, Dikbud Kukar Kirim 15 Seniman Mengikuti Sertifikasi Seni Pertunjukan

Kadis Dikbud Kukar Tahuhid Afrilian Noor (sumber foto: Heri/korankaltim.com)

SISIKOTA.COM: Untuk lebih memperkuat eksistensi seniman serta meningkatkan standarisasi pekaryaan seni daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara secara bertahap mulai mengirimkan sejumlah seniman guna mengikuti sertifikasi kesenian. Program ini sejalan dengan keinginan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara Thauhid Afrilian Noor, SE, M.Si melalui Kepala Bidang Kebudayaan H. Mulyadi SE, M.Si menjelaskan bahwa program ini merupakan bentuk realisasi dari program kementerian secara nasional yang juga dikerjasamakan dengan Lembaga Sertifikasi Profesi P-2 Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendibudristek RI dalam upaya menciptakan tenaga bidang kesenian yang terstandar, terstruktur dan terukur yang diakui keahlian dan profesionalitasnya.

 

“Jadi, sudah kita mulai tahapannya dari sekarang dan Insya Allah akan terus dilakukan secara berkala nantinya sesuai dengan kemampuan daerah dan kebutuhan seniman” tambah Mulyadi. Lebih jauh ia menerangkan bahwa sebagai daerah yang telah ditetapkan sebagai kota kreatif seni pertunjukan, Pemerintah Daerah tentu harus merespon hal tersebut dengan merancang kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada peningkatan standar seniman dalam berbagai bidang seni pertunjukan.

 

Pada tahap awal ini, Pemerintah Kutai Kartanegara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengirimkan 15 orang seniman daerah yang masing-masing terdiri dari 5 orang seniman tari, 5 orang seniman musik dan 5 orang seniman teater untuk mengikuti asesmen dan sertifikasi untuk skema juri seni pertunjukan. Dari proses ini diharapkan Kukar akan memiliki SDM yang mengetahui secara lebih jelas kriteria dan skema penilaian seni pertunjukan sesuai dengan standar pekaryaan dan profesionalitas karya seni.

 

Sejumlah seniman Kukar berada di Jakarta mengikuti program sertifikasi nasional

(foto: istimewa)

 

Kegiatan ini sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 5-6 September 2023 di Gedung Kemendikbudristek Senayan, Jakarta dan akan melibatkan sejumlah ahli dan profesional bidang kebudayaan di Lembaga Sertifikasi Profesi P-2 Kebudayaan sebagai penilai.

 

Beberapa tahun belakangan Kutai Kartanegara memang cukup gencar melaksanakan program peningkatan dan pengembangan seni pertunjukan melalui berbagai event festival, pelatihan maupun bimbingan teknis seni budaya dan ekonomi kreatif. Pengembangan bidang pariwisata dan seni pertunjukan memang menjadi salah satu visi utama di era kepemimpinan Bupati Edy Damansyah. Dalam berbagai kesempatannya berbicara, Edy Damansyah kerap meyakinkan masyarakat bahwa pariwisata dan seni pertunjukan merupakan salah satu instrumen penting dalam memajukan kebudayaan, termasuk kebudayan daerah yang akan bermanfaat besar dalam rangka menjaga ketahanan budaya di masa akan datang.***(tim redaksi)

PILIH BAHASA

+ BAHASA INDONESIA

CARI

PERISTIWA TERKINI

+ BAHASA INDONESIA

TONTON

PERISTIWA TERKINI