+ BAHASA INDONESIA

+ BAHASA INDONESIA

Program Kukar Berkah, Andalan Edi Damansyah

(istimewa)

SISIKOTA.COM – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, telah meluncurkan Program Kukar Berkah dan menjadi program andalan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

Program-program ini telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi penduduk Kukar, membawa berkah bagi banyak orang.

Keberhasilan Program Kukar Berkah ditandai dengan melesatnya Indeks Desa Membangun (IDM) Kukar menjadi 0,779 pada 2023.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 75,30 pada periode yang sama, serta tingkat kebahagiaan masyarakat Kukar di angka 73,02.

Angka-angka ini bukan sekadar statistik, melainkan cerminan dari harapan dan semangat baru yang kini mengalir dalam urat nadi Kukar.

Adapun sub-sub Program Kukar Berkah yang berhasil diluncurkan dan direalisasikan adalah sebagai berikut:

  1. Satu Desa satu Hafidz Qur’an

Mereka yang dari desa lulus seleksi untuk program ini, bagi laki-laki dikirim ke Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an, dan perempuan dikirim ke Institut Ilmu Al-Qur’an dengan pembiayaan kuliah secara penuh dari Pemkab Kukar.

  1. Dai Masuk Desa

Menyasar desa-desa di seluruh Kukar. Program ini berkolaborasi dengan kantor pengelola Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dan juga komunitas-komunitas.

  1. Safari Subuh

Kunjungan Bupati Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin ke masjid dan langgar di Kukar, yang dari Safari Subuh tersebut telah melahirkan program-program strategis.

  1. Sertifikasi Guru Taman Pendidikan Al Qur’an dan TK

Penghargaan Pemkab Kukar kepada tenaga pendidik yang berfokus di bidang keagamaan. Sertifikasi ini sebagai imbalan jasa bersifat tetap yang diberikan kepada guru TPA dan TKA.

  1. Revitalisasi Rumah Ibadah

Komitmen Pemkab Kukar merehabilitasi rumah ibadah dan memberikan fasilitas memadai untuk beribadah. Bantuan kepada rumah-rumah ibadah disalurkan berkala.

  1. Bantuan Pondok Pesantren

Bantuan Rp100 juta untuk pondok-pondok pesantren sebagai benteng utama penjaga Ukhuwah Islamiyah dan NKRI. (*sk-3/adv)

PILIH BAHASA

+ BAHASA INDONESIA

CARI

PERISTIWA TERKINI

+ BAHASA INDONESIA

TONTON

PERISTIWA TERKINI