+ BAHASA INDONESIA

+ BAHASA INDONESIA

Senin Peduli Bersama Pendidikan: Program Inisiasi Kades Loh Sumber Untuk Anak Sekolah

Sukirno, Kepala Desa Loh Sumber Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (foto: sisikota.com)

Sukirno, sang Kades, memimpikan kelak ada generasi yang bangga akan desa Loh Sumber dan mau berjuang dengan bangga pula membangun desa tersebut.

 

SISIKOTA.COM – Pada setiap kali hari senin tiba, Sukirno akan mengadakan serangkaian kegiatan untuk anak-anak sekolah dari tingkat PAUD, SD, SMP hingga Pesantren yang berasal dari desa Loh Sumber. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkannya menjadi ruang sinergi antara pemerintah desa, pengelola sekolah dan warga masyarakat desa dalam mendukung pendidikan. Dengan sinergi itu, ia harapkan juga para pelajar mendapat dorongan dan motivasi tambahan dalam belajar. Apa alasan Sukirno membuat program tersebut?.

“Agar (ada) calon generasi penerus Loh Sumber atau cikal bakal pengganti utuk melanjutkan pembangunan di desa. Kita ingin menyiapkan generasi yang tangguh, handal, cerdas dan bermartabat untuk menyongsong IKN” ujarnya pada Jumat (15/3/2024).

Desa Loh Sumber merupakan desa yang berada didalam wilayah administratif Kecamatan Loa Kulu, salah satu kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara yang hampir pasti sebagian wilayahnya akan diubah status menjadi bagian dari wilayah Otorita Ibu Kota Negara (OIKN). Meski Loh Sumber bukan termasuk desa yang akan melebur ke OIKN. Namun Sukirno tetap merasa bertanggungjawab untuk menyiapkan anak-anak sekolah di desanya menjadi calon pemimpin masa depan.

Bagi Sukirno, generasi penerus desa Loh Sumber tidak boleh sekedar menjadi penonton di negeri sendiri. “Semoga lahir generasi yang bangga akan desanya dan berjuang dengan bangga membangun desanya” ujar Sukirno. Lebih lanjut ia berharap, program ini dapat membantu anak-anak sekolah di desanya tumbuh menjadi generasi yang cerdas, berdaya saing dan memiliki kontribusi besar bagi pembangunan IKN ke depan.

Melalui program ini, Sukirno menyediakan menyediakan beasiswa bagi siswa berprestasi di tingkat SD dan SMP. Beasiswa ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para siswa di sekolah-sekolah, agar termotivasi dan dapat memacu daya saing dengan baik.

“Kita menganggap penting adanya pendidikan di Loh Sumber. Kita ingin membangun kebersamaan dengan memberikan beasiswa” tambahnya.

Selain beasiswa, Sukirno juga membuat program kunjungan ke kantor desa bagi siswa-siswi dengan tujuan agar anak-anak sekolah tersebut bisa melihat struktur dan tata kerja pemerintah desa.

“Kantor Desa bukan milik pegawai desa saja, namun milik masyarakat dan milik mereka. Biar bersama ikut bertanggung jawab dan peduli serta mencintai pemerintahan desanya,” tutupnya. (*sk-3/adv)

PILIH BAHASA

+ BAHASA INDONESIA

CARI

PERISTIWA TERKINI

+ BAHASA INDONESIA

TONTON

PERISTIWA TERKINI