+ BAHASA INDONESIA

+ BAHASA INDONESIA

Yuk Merapat Ke Benteng Vredeburg Jogja, Eroh Bebaya Edisi KE-5 Digelar Lagi

sumber foto : facebook dinas pariwisata provinsi kaltim

SISIKOTA.COM : Mulai dihelat sejak tahun 2015, event tahunan yang mencampurkan seni, wisata dan rasa rindu kampung ini kembali digelar tahun ini. Kali ini, Benteng Vredeburg dipilih sebagai venue. Disanalah orang-orang Kalimantan, khususnya orang Kutai yang tengah dalam perantauannya di sekitar Jawa akan saling bertemu. Eh, bukan tak mungkin lho kamu juga akan menemukan jodohmu disitu, sanak!

 

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kutai Kartanegara memang telah mengkonfirmasi akan kembali menggelar event Eroh Bebaya bulan Agustus ini. Dikutip dari laman facebook Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalimantan Timur, event bertajuk Festival Benua Kutai ini menurut rencana akan digelar pada tanggal 12 Agustus 2023  mendatang di kawasan wisata Malioboro, tepatnya di Museum Benteng Vredeburg. Sejumlah pagelaran tari dan musik akan dihadirkan secara live oleh kelompok mahasiswa seni  dan seniman asal Kutai Kartanegara. Selain pertunjukan seni, Dinas Pariwisata juga rencananya akan menggelar Travel Road Show, yaitu ajang untuk mempertemukan para pengelola dan asosiasi tempat wisata di Kutai Kartanegara dengan para pengusaha agen perjalanan di Yogyakarta. Ajang ini diharapkan dapat menjadi ruang transaksi paket kunjungan dan pertukaran wisatawan bagi kedua daerah. Akan ada pula fashion show pakaian adat Kutai serta dialog wisata pada hari yang sama.

 

Eroh Bebaya tahun ini memasuki tahun perayaan ke-5. Sebelumnya, event ini telah dilaksanakan sejak tahun 2015 lalu berlanjut ke tahun 2017, 2019 hingga 2022. Semangat awal kegiatan yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kutai Kartanegara ini memang lebih kepada memanfaatkan keberadaan pelajar dan mahasiswa asal Kutai Kartanegara yang sedang menempuh studynya di kota Jogja menjadi duta pemasaran wisata melalui pertunjukan seni daerah. Kota Jogja yang merupakan salah satu kota wisata paling ramai di Indonesia dirasa sangat cocok dijadikan ruang promosi wisata untuk Kutai Kartanegara. Kecocokan ini antara lain misalnya karena kedua daerah ini sama-sama memiliki sejarah dan kebudayaan sebagai daerah kesultanan, disamping juga karena telah tersedianya direct flight Jogja-Balikpapan dan Jogja-Samarinda saat ini. Hal ini dirasa cukup menguntungkan bagi Kutai Kartanegara yang secara geografis dekat dengan kota Samarinda. Hal lainnya yang juga kemudian berkembang adalah makin terbukanya akses dan jaringan kerjasama pekaryaan seni antara seniman Kutai Kartanegara dengan kalangan seniman pulau jawa.

 

Di sisi lain, Eroh Bebaya pun lantas ikut berkembang sebagai ajang silaturahmi dan temu kangen warga Kutai Kartanegara dan Kaltim yang bermukim di pulau Jawa. di Jogja, populasi pelajar dan mahasiswa asal Kalimantan Timur memang cukup banyak. Mereka tersebar di berbagai sekolah, pondok pesantren dan universitas. Sebagian menyewa kos-kosan. Ada juga yang tinggal bersama keluarganya. Sebagian lainnya ada juga yang tinggal di asrama pelajar dan mahasiswa. Pemkab Kutai Kartanegara sendiri mempunyai satu asrama yang diperuntukkan bagi pelajar atau mahasiswa asal Kutai Kartanegara di daerah Bluyah Gede, Mlati. Selain Jogja, warga Kutai Kartanegara juga banyak tersebar di kota-kota pulau Jawa lainnya seperti Surabaya, Sidoarjo, Blitar, Malang, Semarang, Bandung, Bogor dan termasuk Jakarta.(*tim redaksi)

PILIH BAHASA

+ BAHASA INDONESIA

CARI

PERISTIWA TERKINI

+ BAHASA INDONESIA

TONTON

PERISTIWA TERKINI